Tour de Java call back (4) : bandung dan teman adalah saudara yang kau pilih sendiri.

Hello.. pagi ini agak mello. Saya merindukan banyak hal. Setiap akan melanjutkan menulis blog.. saya selalu berfikir apakah hari ini hari yang tepat untuk menuliskannya? Dan kebetulan 2 jam yang lalu saya berfikir minggu depan saja untuk melanjutkan cerita last trip tour de java.. namun beberapa menit yang lalu mendadak feeling saya labil, saya mau hari ini saja.. abis nonton vlog nya kang jalu – sindentosca dan beberapa gambar2 indah memori di last trip bandung yg bermunculan di timehop, saya rindu banyak hal, saya rindu bandung!, saya rindu bogor!, saya rindu teman2 saya.. keluarga saya.. maka saya putuskan melanjutkan part terakhir ini hari ini juga.. karena waktu bisa ada lagi, tapi chemistry tidak. Asik. Last, but not least. Di part ini mungkin akan banyak curhatan saya bermunculan tentang hal2 yang saya rindukan dari masa lalu selain cerita tour de java saya.

Oya tentang judulnya yang cukup panjang.. itu salah satu kutipan tentang persahabatan yang saya sukai. Teman, adalah saudara yang kau pilih sendiri. Ada juga kutipan lain, dalam satu kepercayaan di luar negeri sana.. daun semanggi berhelai empat dipercaya membawa keberuntungan karena susah untuk ditemukan, kebanyakan berhelai tiga. Maka demikian sahabat baik, katanya, sahabat baik mirip daun semanggi berhelai empat.. hard to find but lucky to have, susah didapatkan namun beruntung bila kamu bisa memilikinya.. kutipan oleh sarah jessica parker. Ya, saya pun merasa beruntung setiap kali ke bandung saya tak pernah sendirian, saya selalu bersama-sama sahabat dan teman2 saya.. dan saya merasa beruntung dan bersyukur sekali memiliki mereka. Karena menjejak petualangan bandung dengan orang-orang tercinta membawa gempita luar biasa dan memori yang indah untuk dikenang. Selama hidup, saya sudah sekitar 5x ke bandung dan semuanya punya kesan yg menarik sehingga bandung bisa menghipnotis jiwa saya untuk kembali kesana, seperti kepercayaan banyak orang, yang akhirnya saya pun menyetujuinya. Untuk ke bandung yg terakhir kali di 2014 lalu, blog ini saya dedikasikan untuk sahabat2 saya, my travelling partner and best friends in real life : dinar shafati rahayu, rika gusva yelli, dan muchlis agung prasetyo. Nanti2 kita kemana kemini bareng2 lagi ya guys.. miss you..

Baiklah, perjalanan di bandung dimulai dari saya naik bis malam dari semarang menuju bandung.. tidak terlalu jauh dari semarang ke bandung.. bis yang saya naiki ber AC, besar, nyamaann sekali tempat duduknya, harga tiketnya sekitar 150rb. Saya sendirian saja malam itu, omi hanya mengantar sampai loket bis itu saja, namun saya beranikan hati saya.. besok pagi, jah, lo udah di bandung, lo dah aman lagi ada orang2 yg lo kenal disana dan lo ready buat keseruan selanjutnya :). Sampai di bandung subuh dgn selamat, alhamdulillah, saya dijemput muchlis temen smp saya yg kuliah dan kerja di bandung, di pool bus nya.. dan di antar ke kosan adeknya dinar di belakang ITB deket ciwalk (lupa nama daerahnya, maapkeun), berhubung adek dinar lagi libur kuliah, gue dan dinar bisa numpang bermalam barang 2 malam disana hehe.. si dinar dr bogor jg langsung ke kosan adeknya, jadi gue dah di tunggu dinar disana. Abis kenalan, janjian sama muchlis tar mau ketemuan dimana, trus gue cari sarapan sama dinar trus beres2.. trus gue nyapa2 temen gue si rika yg lagi kerja di bandung jg.. unexpectedly.. si rika excited bgt pengen ikut liburan juga :D.. ya udah berhubung dinar memang bawa motor, jadilah kita fix jalan2 berempat. Dinar sama rika, gue dibonceng muchlis. Kita ketemu di meeting point di depan ciwalk. Baru deh cuss menuju bandung selatan.. yeaiy! Iya, atas saran muchlis.. dua hari di bandung di bagi dgn menuju ke objek wisata di bandung selatan yg cukup jauh di hari pertama.. dan ke objek wisata di bandung utara di hari kedua. Pas mau menuju kesana ada pengalaman kocak, gue sama muchlis hampir kena tilang polisinya dan SIM dan STNK muchlis nyaris ditahan karena kita salah belok dan ga tau klo itu forbidden.. tp dengan kemampuan speak2 muchlis, hehe, akhirnya kita dibebasin.

Bandung selatan itu jauh sodara2 dari kota bandung nya.. udah lewat2 kabupaten bandungnya jg.. naek motor sekitar 2 jam sampe 3 jam.. pas awal2nya yg kita lewatin daerah macet.. kaya biasa.. tp pas udah mau deket daerahnya kita bener2 kaya di jalan mau ke puncak, jalannya mendaki dan kita sebelah2an sama bus2 pariwisata yg gede2.. wuih.. skill deh buat bawa motor di sana hehe, tapi pemandangan dan udara sekitar.. hmm.. cuantiksss.. dingin sejuk aman damai tenteram.. bayangin aja area2 perkebunan ala2 kebun teh kebun stroberi gitu dgn udara yg sejuk.. kaya gt suasana yg kita lewatin. Nah ke bandung selatan kita pertama menuju kawah putih.. singkat cerita guys kita nyampe di objek wisata yg ngehits itu.. buat kesananya bayar tiket masuk dan kita dianter kaya mobil odong2 gitu buat sampe ke kawahnya, seru!! Hehe.. ternyata meskipun kawah yg biasanya panas, tapi udara sekitarnya sejukkkk dingin.. bahkan sampe kabut.. oya kita kudu pake masker krn kawahnya tinggi kandungan belerangnya.. kita nikmatin suasana disana yg cukup rame jg.. bahkan minta tolong foto pake jasa profesional mamang2 foto disana dan mamangnya bageurrr pisan, baek banget.. setelah puas nikmatin kawah putih.. kita keluar tp makan siang dulu makan soto mie disana.. gue sih yg kangen banget soto mie soalnya hahaha.. banyak sih jajanan2 yg cuma ada di bogor bandung yg gue kangenin tp blm sempat di icip2 semuanya hahahaa.. aya cireng, cilok, cimol, cakwe, dll..

Lanjut dari kawah putih, si muchlis sbg tuan rumah ngajak kami bertiga ke situ patengan (bukan situ patenggang ternyata), mulanya gue no wonder kaya apa sih situ patengan itu.. pas kesananya masih lewatin jalan2 kebun2 teh dan stroberi tadi.. dan sampe di sana.. dari kejauhan.. gue bisa liat.. that was HEAVEN sodara sodaraaaa!! SUBHANALLAH MASYA ALLAH INDAHNYAAA…. kita sampe berenti buat foto2 dulu.. cantik banget landscape perkebunan dgn latar belakang situ atau danau tersebut.. sampe di bawahnya, kita tetep pake tiket masuk.. kita duduk di pondok2 di pinggir situnya sambil nyantap gorengan dan liatin perahu2 kecil dan bebek2an di sewa orang2 di atas situ nya.. ya ampun! Suasana sekitar totally bikin betah banget!! Si muchlis bilang anak I*B klo lagi stress mumet sering menenangkan diri kesana haha. Iya guys karena suasananya tuh tenaaaaangggg banget, damai, indah, adem.. kaya dlm lukisan, kaya bukan di Indonesia #eh hahaha.. duluuu waktu kecil gue pernah nonton film disini ada setan, dlm salah satu episode nya gue rasa mereka shooting di situ patengan itu deh krn mirip banget tempatnya.. hahaha.. emang shooting buat film horor, tp suasananya indah kok. Bener2 dijaga dan diperhatikan banget deh kenyamanan dan keelokan tempat wisatanya, salut sama pemko/kab bandung dan dinas2 terkait. Dan ya.. first day has over.. kita pulang dlm keadaan ujan2an menuju bandung, super dinginnnnn. Hebat masyarakat sekitarnya bisa survive disana hehe..

Second day dimulai dr subuh buta menuju bandung utara, menuju tebing keraton yg waktu itu lagi tenar2nya hehe.. sepanjang jalan menuju bandung utara gue berkali2 takjub liat view sekitar gue.. susah dilukiskan.. ngeliat pohon2 tinggi menjulang, jalan yg lebar, dan bangunan2 yg keren.. oya kita hampir mau ke boscha jg, tp ternyata lagi tutup ga jadi deh.. salah satu bangunan yg gue inget itu takigawa resto, pernah baca di majalah.. pasti keren bgt deh view dr sana, ga sempat singgah sayangnya. Nah tebing keraton itu ada di taman hutan raya juanda. Untuk nyampe kesana jangan lupa tanya kanan kiri yaa hahahaa karena ga ada petunjuk pastinya. Nah jalan menuju tebing keraton itu ajegile off roadddd.. lo bakal lewatin jalan berbatu, mendaki, licin, bikin badan lo berasa remuk.. klo ga ada skill mending nyerah dan naek ojek aja buat sampe ke tebing keratonnya hahaha.. krn dinar akhirnya nyerah markirin motor, gue pun nyerah turun dr boncengan mukhlis krn berkali2 hampir jatoh. Dan kita cewek2 bertiga lanjutin perjuangan naek ojek! Hahaha.. sampe di kebing keraton, ternyata tempatnya udah di perbagus dan dibikin lebih safety dr yg gue tau sblm2nya.. pemandangannya yahud mannn.. keren!! Bisa liat kota bandung dan view tahura (taman hutan raya) nya dr sana.. terbayar deh perjalanan yg super menantang buat kesana hehe.. kita berempat foto2 disini.. gue bersyukur bgt punya tmn2 yang akhirnya bisa bawa kita semua ke tempat indah ini*peluksatusatu

Abis dr tebing keraton.. kita mampir bentar di gasibu yg super rame.. gue sempat makan bakmi kuah yg enak disana.. trus lanjut ke tangkuban perahu.. masih di bandung utara.. tapi yah.. selanjutnya ga ada yg terlalu berkesan krn ekspektasi gue buat liat gunung yg katanya kaya perahu terbalik disana ga kesampean krn gunungnya udah ga ada lagi haha.. dan situasinya rame banget.. tapi yaaa finally udah ke tangkuban perahu hehe

2 hari yg amat berkesan di bandung.. hari terakhir di bandung gue sama dinar sempat nyobain batagor kingsley yg enak dan terkenal disana hehe.. puas deh di bandung! Itu menuju batagor kingsleynya jd kaya muterin bandung gt krn ngandelin google map jd nyasar2 dua kali muterin jembatan layang hahahaha.. gue diomelin dinar krn salah baca peta nya, maap yaakk hoho

Makasih ya teman2 semuanya, trip tour de java berakhir di bandung.. gue wondering rasanya tinggal di bandung pasti menyenangkan ya.. krn inget kenangan pas tinggal di bogor dulu.. addictive.. rindu.. :”)

Jet ‘aime Bandung, the city of love, Paris van java.. i’ll be back there.. insya Allah. 🙂fb_img_1482541415283