Tour de Java call back! (1)

Haaaaaiiiiiiii…. ini mungkin latepost terlama saya dlm sejarah per-latepost-an *apasih, tapi kan better late than never ya? Saya mau berbagi pengalaman *satu2nya,haha,ngga denk* travelling yg saya punya. Perjalanannya sendiri saya lakukan di cuti tahunan Desember 2014, jadi maafkan kalo saya sudah tidak ingat detail nama2 tempat, jalan, lokasi, dan detail2 lainnya.. tapi saya akan rangkum semaksimal mungkin.. ceilaahh. Jadi namanya memang “Tour de Java” krn rute yg saya tempuh adalah : padang – yogyakarta – semarang – bromo (malang) – berakhir di bandung. Pengalaman sekali seumur hidup ini memang sangat berkesan.. jd let’s travel at least once in your life 🙂 *and you’ll be addicted haha.. ini aja udah ngode2 nih udah 2 tahunan nggak yg bnr2 travelling. Huhu.. ok let’s start..

YOGYAKARTA

ini destinasi pertama saya.. waktu itu saya ke yogya naek garuda, 1 maskapai aja biar ga ribet ganti maskapai pas transit, harga tiketnya dari BIM langsung ke adisucipto sekitar 1,3 juta.. worth it lah sama pelayanannya.. dimudahin.. lancar.. dapet makanan enak.. bisa baca majalah keren nya garuda, Colours namanya, yg belakangan gue tau boleh dibawa pulang haha, baca Colours bakal bikin kepengenan travelling lo meledak2. Saya berangkat dr BIM sekitar siang, transit se jam di Soetta, trus sampe Jogja malem.. pas baru mendarat.. jantung saya berdegup kencang.. bahagiaaaa dan terharu gitu rasanya hahaha. Hasil bakureh setahun bisa dipake buat ngebawa badan kesini hehe..

Saya dijemput sama sahabat saya Noor.. yg udah lamaaa bgt ga ketemu.. kangen banget.. di ajak nginap di rumah dia, yg skrg saya sih udah lupa nama daerahnya haha, maafkan.. sepanjang jalan noor banyak cerita ttg kota jogja.. jd jogja itu punya Ring Road.. jd klo nyasar, pastiin aja ketemu ringroad, trus ikutin, tar bisa balik lagi deh hehe kata si noor gitu.. oya saya dijemput sepupu saya jg, omi namanya.. tp omi akhirnya nginep di rumah saudara dia.. buat janjian kami ketemu lagi keesokan paginya, jd omi bakal ngikut saya jalan2..

Paginya setelah sarapan, Noor dgn baik hati mengantar saya ke tempat2 yg pengen saya datangin dgn mobilnya, saya nggak sendiri krn noor jg membawa jalan adeknya, ibunya, dan keponakan2nya yg lucu.. dan omi juga.. wuah rame dan seru hehe.. saya sudah bilang klo di jogja saya pengen ke candi borobudur sama kaliurang.. maka kesanalah acara jalan2 kami hari itu.

Candi borobudur ternyata tidak berada di provinsi yogyakarta, tp sudah masuk jawa tengah, tepatnya di Magelang.. jarak tempuh dr jogja sekitar 1 jam sampe 1,5 jam.. tapi saya tidak tau rutenya kalo naek kendaraan umum. Sampe di sana, kita beli tiket masuk sekitar 35ribu rupiah.. trus masuk deh ke dalam.. persis klo spt mau ke dufan.. kita jalaaaann dulu sampe masuk ke komplek area candinya. Huaaahh.. dari jauh udah keliatan rameeeee dan megah sekali si borobudur.. saya bersyukur bisa diberi kesempatan melihat keajabaiban dunia tersebut dari dekat. Sebelum masuk candi para pengunjung akan diwajibkan mengenakan semacam selendang atau pasmina gitu? Utk menghormati perjalanan memasuki candinya sih.. mgkn krn dianggap tempat suci ya, seinget saya kainnya di sewa gratis.. tp apa pake jaminan juga ya.. lupa deh hehe

Trus baru kita mendaki tangga demi tangga menaiki undakan biar sampe ke atas puncak candinya.. ga kerasa ngos2an kok karena enjoy aja.. kalo kamu bener2 pecinta sejarah mungkin kamu jg bisa liatin arca2 dan ukiran2 di sepanjang perjalanan naik itu, karena klo saya sih fokusnya biar bisa cepet sampe atas aja hehe.. sesampe di atas.. keliatan lah pemandangan kota di bawah dr kejauhan.. bagus sekali landscapenya.. saya pun tak ketinggalan mengambil kesempatan berfoto2.. kalau mau liat gambar2nya, bisa diliat di instagram saya : @instalizariani *promosi hehe

Setelah puas, kita turun ke bawah dan tak lupa mengembalikan selendang yg tadi dipinjem lalu perjalanan selanjutnya adalah menuju kaliurang..

Untuk ke kaliurang kita harus kembali ke jogja lagi krn borobudur berada di magelang.. menuju kaliurang, Noor mengandalkan google map menyusuri Jakal (jalan kaliurang).. jalannya mendaki, krn memang kaliurang itu berada di dataran tinggi.. nah sampe di kaliurang, untuk informasi, ternyata kaliurang ini adalah semacam taman hutan raya yg berada di dataran tinggi. Jd tempatnya adem dan sejuk dan dingin sekali sehabis hujan.. jd cocok abis panas2an di borobudur kita ngadem dan makan siang di kaliurang hehe.. view2 yg bisa terlihat adalah taman hutan nya dan perbukitan. Oya, untuk masuk ke kaliurang kita dikenakan biaya karcis yg tidak terlalu mahal.. di dalam area kaliurang sendiri ada taman bermain anak2 juga dan menara pantau apa ya namanya, pokoknya waktu itu, saya kesana dan bisa melihat view nya dr ketinggian.. tempat wisatanya tertata dan terawat lah pokoknya..

Dari kaliurang.. karena Noor mau ada acara, saya dan omi sepupu saya memutuskan lanjut toor de jogja berdua saja, Noor men drop saya dan omi di Malioboro.. dan lanjutlah kami eksplor pasar seni yg sangat terkenal tersebut namanya, tak lupa berfoto di plang jalan Malioboro.. kalau mau beli oleh2, buah tangan, banyaaaakk sekali pilihan di Malioboro.. jgn lupa menawar ya :). Nah trus saya kepengen banget ke Kalimilk.. tempat minum susu buat para nenen-ers yg terkenal banget di jogja.. bersama Omi saya pergi kesana naek trans jogja, biaya tiketnya murah saja, standar, tidak sampai 5000 rupiah hehe.. akhirnya setelah ikut rute trans jogja, alhamdulillah kalimilknya di lewati transjogja, jd pas turun kita langsung nyebrang.. selama naik transjogja jg spt city tour menikmati perjalanan mengelilingi jogja.. cukup menyenangkan.

Dan di kalimilk yang notabene adalah sebuah kafe dgn jualan utamanya susu murni dan makanan2 lain.. disana saya enjoy ngabisin waktu hari pertama saya di jogja.. sampe maghrib, barulah kita pulang, saya kembali ke rumah Noor naek taksi..

To be continued ya.. selanjutnya saya cerita perjalanan saya ke semarang.. 🙂